L o a d i n g

Dari Judulnya saja ini buku sudah mulai menggoyangkan tangan saya untuk mengambilnya dari rak buku barisan sains di Gramedia.

Tujuan saya membaca buku ini adalah karena saya hanya ingin tahu lebih banyak mengenai manusia, atau bisa dibilang ingin mengerti diri sendiri ini seperti apa sih, begitu. Sehingga rasanya kata gen itu sangat menarik untuk di telusuri karena memang menyangkut permasalahan atas manusia itu sendiri.

Niatnya, setelah mengetahui dan selesai membaca buku ini. Saya hendak mengimplementasikan segala bentuk penjelasan ilmiah yang mungkin saya temukan di buku ini, sehingga hal tersebut setidaknya bisa memberitahukan saya fakta sebenarnya tentang manusia atau diri saya sendiri.

Di sini saya akan menuliskan poin-poin penting yang saya dapat dari buku ini, atau istilah-istilah, frasa, kutipan, dsb. Tujuannya untuk sebagai catatan untuk insight, motivasi, dan kenyataan.

Mari kita mulai menuliskan poin-poin penting dari buku ini sambil saya membacanya. Dan berikut adalah poin-poin yang saya suka dari buku Selfish Gen.

  1. ada dua cara di dalam memandang seleksi alam, yaitu dengan sudut pandang gen dan sudut pandang individu organisme.
  2. jika ada satu pemberontak egois, yang siap mengeksploitasi altruisme anggota lain, maka dia dengan sendirinya lebih mungkin bertahan hidup dan memiliki keturunan dibanding yang lain.
  3. belalang sembah betina, pinguin (dua kisah egois). Lebah dan burung tanah melindungi sarang (dua kisah altruis).
  4. tidak peduli berapa banyak pengetahuan dan kebijaksanaan yang anda dapat selama hidup, tidak satupun akan diwarisi keturunan anda secara genetis. Setiap generasi memulai dari awal. Tubuh adalah cara gen untuk melestarikan gen tanpa berubah.
  5. hewan menjadi kendaraan gen yang aktif dan penuh tenaga; mesin gen.
  6. Gen juga mengontrol prilaku mesin kelestariannya, bukan secara langsung seperti dalang, melainkan secara tak langsung seperti pemrograman komputer.
  7. Jika anda turun ke kolam untuk minum, maka resiko anda untuk dimakan hewan buas yang hidup dengan mengintai buruan di sekitar kolam itu meningkat. Jika anda tidak turun ke kolam, maka anda akan meninggal karena kehausan. Artinya, akan selalu ada resiko di setiap pilihan yang anda ambil dan anda harus mengambil keputusan yang memaksimalkan peluang kelangsungan hidup gen anda dalam jangka panjang.
  8. Gen memberikan seperangkat instruksi kebijakan umum kepada mesin kelestarian: lakukan apapun yang anda pikir paling baik supaya kita tetap hidup.
  9. Cara untuk mengambil keuntungan dari strategi urutan (Elang atau Merpati) yang sederhana itu adalah dengan bermain seperti elang hanya kalau anda tahu lawan anda akan bermain seperti merpati. [konteks; Elang akan berkelahi hingga terluka parah dan menyerah sedangkan Merpati hanya saling molotot atau berdiplomasi sampai lelah dan tak terluka parah].
  10. Retaliator bermain seperti merpati pada awal tiap pertarungan. Retaliator berprilaku seperti Elang bila dia diserang oleh elang dan seperti merpati bila bertemu merpati. Ketika dia bertemu Retaliator lain, dia bermain seperti merpati. Retaliator adalah ahli strategi kondisional.
  11. Bila pembohong menjadi mayoritas, maka seleksi akan mendukung individu yang tak mempan digertak para pembohong.
  12. jenis kelamin betina dieksploitasi, dan landasan mendasar evolusi itu adalah fakta bahwa telur lebih besar daripada sperma.
  13. ada kebenaran pahit bahwa dalam beberapa situasi keuntungan bertambah bagi pasangan yang meninggalkan terlebih dahulu entah itu ayah maupun ibu.
  14. Betina pengguna strategi kebahagiaan rumah tangga, yang hanya mengamati pejantan untuk mengenali kualitas kesetiannya, rentan dibodohi. Pejantan yang dapat berpura-pura menjadi tipe yang setia namun kenyataannya menyembunyikan kecenderungan kuat untuk meninggalkan anak istri dan tak setia akan mendapatkan keuntungan besar.
  15. seleksi alam akan cenderung mendukung betina yang pandai mengenali penipuan tersebut. Salah satu caranya adalah yaitu jual mahal.
  16. Bahwa pertarungan besar antar jenis kelamin memiliki banyak kesamaan dengan pemangsaan dan bahwa prilaku pasangan yang bercinta berubah-ubah seperti tampilan Bulan, dan tak terduga seperti cuaca.
  17. Penampilan itu mahal, dengan cara lain, jika entah bagaimana kita dapat mengabaikan efek kualitas dan daya tarik, pejantan lebih baik tidak memasang penampilan yang mencolok sekalian (sehingga menghemat energi atau menjadi kurang menarik bagi pemangsa).
  18. pejantan berkualitas rendah kena resiko yang lebih serius dari mahalnya penampilan dibandingkan pejantan berkualitas tinggi.
  19. poiny 17 dan 18 adalah Zahaian.
  20. Banyak hal yang dinyatakan sebagai manfaat dalam hidup berkelompok terkait dengan upaya menghindari pemangsa.
  21. Setiap betina memiliki satu set lengkap gen yang membuatnya bisa menjadi ratu, dan satu set lengkap gen yang membuatnya jadi pekerja (atau, tepatnya set lengkap yang menentukan kasta, entah pekerja, tentara, dll).
  22. Pecundang membantu siapa saja yang membutuhkannya tanpa pandang bulu. Penipu menerima altruisme dari pecundang, tapi tidak pernah membantu orang lain, bahkan seseorang yang telah membantu sebelumnyaa.
  23. Pendendam membantu orang asing dan individu yang sebelumnya membantunya. Namun, jika ditipu, insiden itu akan terus diingat dan diungkit.
  24. Seleksi alam yang buta membuat gen berprilaku seolah memiliki tujuan dan untuk memudahkan serta menyingkat, gen dibicarakan dengan bahasa tujuan.
  25. Sebagai contoh, aspek doktrin yang sangat efektif dalam menegakkan ketaatan beragama adalah api neraka.
  26. Yang luar biasa, strategi pemenang adalah strategi yang paling sederhana dan sepintas paling tidak cerdik di antara semuanya. Strategi itu di sebut “Balas setimpal” (Tit For Tat).
  27. Tit For Tat bermula dengan kerja sama di langkah pertama, kemudian selanjutnya sekedar meniru langkah pemain lain pada putaran sebelumnya.
  28. Dalam apa yang disebut dengan “sengketa” sipil, sebenarnya kerap ada celah besar untuk kerja sama.
  29. Zero Sum adalah permainan di mana kemenangan bagi salah satu pemain merupakan kerugian bagi yang lain. Permainan Catur adalah Zero sum.
  30. Dan siapa yang iduntungkan dari aturan “Saya menang. Anda kalah” itu? Kemungkinanannya, hanya pengacara (konteks:kasus perceraian).
  31. Pasangan malang (Konteks:kasus perceraian) telah terseret ke permainan Zero Sum. Namun, bagi pengacara, kasus perceraian (mereka:smith vs smith) ini merupakan sapi perah nonzero sum.
  32. zero sum untuk klien dan non zero sum untuk pengacara.
  33. Namun, kehidupan nyata, baik kehidupan manusia, hewan, maupun tumbuhan, tidak dirancang untuk kenikmatan penonton. Banyak situasi dalam kehidupan nyata sesungguhnya sama dengan permainan non zero sum.
  34. Alam semesta kerap memainkan peranan sebagai bankir dan individu-individu dapat mengambil keuntungan dari kesuksesan pihak lain.
  35. Balas setimpal adalah satu anggota kelompok strategi yang baik, membalas tapi pemaaf, yang semuanya, biarpun secara teknis tidak stabil, setidaknya sulit untuk diinvansi begitu muncul.
  36. Dengan cara-cara yang lebih sederhana, alam penuh dengan hewan dan tumbuhan yang memanipulasi makhluk lain dari spesies yang sama maupun berbeda.
  37. Seleksi alam mendukung gen-gen yang memanipulasi dunia demi memastikan penyebaran sendiri.
  38. Theorema Sentral Fenotipe Luas; perilaku hewan cenderung memaksimalkan kelangsungan hidup gen “untuk” perilaku tersebut, baik gen itu ada di dalam tubuh hewan yang menjalankan perilaku tersebut atau tidak.
  39. Unit fundamental, penggerak utama semua kehidupan, adalah reflikator. Replikator adalah segala di alam semesta yang membuat salinan.
  40. Tak seperti politikus, ilmuan bisa menikmati kalau dibuktikan keliru.
  41. Aturan Hamilton; suatu gen altruisme akan menyebar apabila biaya bagi si pelaku tindak altruisme, C, lebih kecil dari nilainya, B, bagi penerima altruisme, dikurangi koefisien kekerabatan, r, antara keduanya. r adalah proporsi antara 0 dan 1. Nilainya 1 untuk kembar identik;0.5 untuk anak dan saudara kandung;0.25 untuk cucu, saudara tiri, dan keponakan; 0,125 untuk sepupu derajat pertama.
  42. Semua manusia berbagi 99 persen gen, punya kesamaan 90 persen gen dengan tikus dan tiga perempat dari seluruh gen kita sama dengan yang dimiliki ikan.
  43. Mitokondria adalah badan-badan kecil dalam sel kita, yang vital bagi kehidupan. Kita hanya mendapat Mitokondria dari ibu.

Akhirnya itu adalah poin-poin yang bisa saya kumpulkan setelah membaca bukunya Dawkins. Mungkin masih banyak poin-poin lain yang tidak saya tangkap mohon maaf.

Tapi untuk sejauh ini saya akhirnya menyadari bahwa ternyata diri kita ini (tubuh) adalah hanya sebatas kendaraan untuk gen-gen kita. Organisme-organisme yang ada juga dibantu oleh seleksi alam.

Dawkins juga menyimpulkan sepenangkapnya saya ini mah, bahwa kita ini semua adalah berkerabat.

Hewan-hewan lain seperti lebah, semut, burung kukuk, tikus, kelelawar vamvir, belalang sembah, dan lalat haji adalah kerabat yang paling menarik setelah membaca buku ini, sebab organisme, sosial, kanibalisme, dan fenomena di dunia mereka itu benar-benar dijelaskan dengan sangat nyaman dan mudah dipahami.

Ada lagi yang paling menarik, yaitu konsep keluarga gen mata biru dsb, dijelaskan dengan gampang untuk dimengerti silsilah dari kita ke ibu ke nenek, buyut dan seterusnya.

Hmmmm ini sangat luar biasa, saya harap siapapun yang membaca tulisan ringkasan saya ini segera membeli buku nya dan baca sendiri lebih detail. Jangan berfokus juga pada poin-poin yang saya ambil, siapa tahu kalian bisa menangkap hal-hal yang lebih detail lainnya yang tak bisa saya tangkap.

Oke, begitu saja.

Penulis: DedMarianism

"Ada pepatah yang mengatakan, ketidaktahuan adalah anugerah dari Tuhan", namun bagiku pengetahuan adalah miracle..

Prev Post
Catatan Buku Bayang-bayang Leluhur — by Carl Sagan & Ann Druyan
Baca See

Comments

No comments available.

Leave a comment