L o a d i n g

Lagi lagi ah tak sabar rasanya terus untuk mencuri ilmu dari pengetahuan pengetahuan yang luar biasa untuk asupan diri. Fakir pengetahuan seperti saya selalu tak punya kesabaran untuk terus mencari-cari di mana dan apa itu pengetahuan. 

Pengalaman awal mengapa saya membeli buku ini adalah karena hal yang tidak disengaja sewaktu saya sedang night ride sendirian mengintari kota Yogyakarta. Tak ada niatan sedikitpun kepikiran soal buku, namun pada malam itu saya lewat di depan Gramedia melihat nya dari jalan, secara otomatis stang motor saya langsung belok masuk ke Gramedia dan parkir dengan nyaman, lalu mengambil Buku berwarna Kuning The Black Swan.

Secara alamiah sepertinya saya dibimbing untuk mengambil buku itu dengan tanpa rasa beban apapun. Begitulah cerita singkat saya membeli buku ini. 

The Black swan terpampang di rak meja best seller di Gramedia dan saya sudah jelas tak tahan untuk langsung membelinya sebab saya telah membaca juga ulasannya di internet bahwa buku ini layak dibaca sebelum saya mati. Heheh

Oke langsung saja saya akan melakukan hal yang seperti sebelumnya menuliskan poin-poin penting dan indah yang saya dapati dari buku ini sebagai insight untuk diri saya pribadi tentunya. Poin-poin berupa kalimat bijak, kalimat inti, frasa, istilah, kalimat indah, fakta, dan kalimat-kalimat yang sejalan dengan pengalaman hidup saya pribadi. Oke langsung saja.

  1. Mulai
  2. Pengamatan yang hanya satu kali ternyata dapat meruntuhkan pandangan umum yang berasal dari pengamatan banyak orang terhadap jutaan angsa putih selama berpuluh-puluh abad.
  3. Yang anda ketahui sungguh tidak menyusahkan anda.
  4. Bukti-bukti menunjukkan bahwa kita berpikir jauh lebih sedikit daripada yang selama ini kita yakini – kecuali, tentu saja, ketika kita berpikir tentang keadaan ini.
  5. Platonisitas adalah sesuatu yang membuat kita berpikir bahwa kita lebih paham dibanding yang sesungguhnya kita perbuat.
  6. Sesekali, anda dapat tampil dengan sikap bela rasa, santai, dan sopan, jika itulah yang diharapkan dari anda tetapi jangan terlalu mau diatur.
  7. Penerbit sekarang punya teori bahwa “sopir truk yang membaca buku tidak membaca buku yang dibuat khusus bagi mereka”.
  8. Dan percaya bahwa “pembaca tidak suka kepada penulis yang menggurui mereka”.
  9. Melalui peniruan, kita makin dekat dengan orang lain – yang pada hakikatnya adalah sesama peniru. Padahal masing-masing berjuang untuk diri sendiri.
  10. Anda harus selalu curiga terhadap pengetahuan yang anda turunkan dari data.
  11. Bahwa kesadaran atas suatu masalah tidak berarti banyak – khususnya ketika anda mempunyai minat dan ada lembaga yang dapat melayani diri sendiri.
  12. Yang hendak saya (penulis Black Swan) perlihatkan kepada anda dalam buku ini adalah bagaimana agar anda tidak menyeberang jalan dengan mata tertutup.
  13. Epistemologi adalah pengetahuan atau ilmu, ulasan atau teori. Jika definisikan, epistemologi artinya cabang filsafat yang berkaitan dengan sifat, asal, karakter serta jenis pengetahuan.
  14. Penemuan sebuah tumor ganas membuktikan bahwa anda mengidap kanker, tetapi ketiadaan tumor ganas tidak membuat anda boleh memastikan bahwa anda bebas dari kanker.
  15. Betul bahwa seribu hari tidak dapat membuktikan anda benar, tetapi satu hari cukup untuk membuktikan bahwa anda salah.
  16. Sebagaimana telah kita lihat, peristiwa-peristiwa yang tidak menegaskan kebenaran jauh lebih kuat dalam menegakkan kebenaran. Namun, kita cenderung tidak sadar atas sifat ini.
  17. Kita belajar dari peristiwa yang berulang – meskipun harus menjalani pengalaman pahit dari kejadian yang belum pernah dialami.
  18. Kebanyakan kesalahan kita dalam penalaran berasal dari penggunaan sistem 1 ketika sesungguhnya kita sedang berpikir, yang berarti sedang menggunakan sistem 2. * bahasan sistem 1 dan 2 ini ada di bukunya Daniel kahneman yang berjudul thingking fast and slow.
  19. Cara menghindari penderitaan akibat kekeliruan naratif adalah memilih eksperimen ketimbang cerita, pengalaman ketimbang sejarah, dan pengetahuan klinis ketimbang teori.
  20. Kebanyakan orang yang terlibat dalam upaya-upaya pencarian yang saya (penulis;taleb) sebut “serius” menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk menunggu hari besar yang (biasanya) tak kunjung datang.
  21. Akan menakdirkan kita menerima kenikmatan dari imbalan secara tetap dengan takaran tetap dengan takaran sedikit demi sedikit tetapi sering.
  22. Manusia akan percaya apapun yang anda katakan asal kan anda tidak menunjukkan tanda-tanda kurang percaya diri sedikit pun; seperti hewan, mereka dapat mendeteksi sedikit saja kelemahan dalam rasa percaya diri anda sebelum anda menunjukkannya.
  23. Kuncinya adalah selembut mungkin dalam hal penampilan anda.
  24. Yang penting bukan apa yang anda katakan kepada seseorang, melainkan bagaimana anda mengatakannya.
  25. Yang hendak saya (taleb;penulis) waspadalah terhadap “sebab” dan tangani lah dengan hati-hati khususnya dalam situasi-situasi ketika anda mencurigai kehadiran bukti bisu.
  26. Itu sebabnya kita kita tidak melihat Black Swan: kita cemas dengan hal-hal yang terjadi, bukan hal-hal yang mungkin terjadi terapi tidak terjadi.
  27. Untuk sederhananya, sesuatu yang menggugah, dan karena itu memerlukan pengetahuan, biasanya tidak memerlukan pakar, sementara hal-hal yang tidak menggugah tampaknya mimiliki pakar.
  28. Kita manusia adalah korban asimetri dalam persepsi terhadap peristiwa-peristiwa acak.
  29. Kita mengaitkan sukses kita dengan keterampilan kita, dan kegagalan kita dengan dengan kejadian-kejadian di luar kendali kita, yang disebut keacakan.
  30. Kita merasa berperan dalam hal-hal baik, tapi tidak bertanggung jawab dalam hal-hal yang buruk. Ini menyebabkan kita berpikir bahwa kita lebih baik daripada orang lain dalam apapun yang kita perbuat dalam hidup.
  31. Kata taleb: ilmu ekonomi adalah bidang yang paling menyendiri; ini bidang yang mengutip paling sedikit dari luar dunianya sendiri! Ilmu ekonomi barangkali bidang yang belakangan memiliki cendekiawan tak berbudaya paling banyak – cendekiawan tanpa pengetahuan memadai dan tanpa rasa ingin tahu alami dapat menutup otak anda dan mengantar ke fragmentasi disiplin-disiplin.
  32. Kita tidak membuat perencanaan yang sesungguhnya karena kita tidak memahami masa mendatang – tetapi ini tidak harus diterima sebagai kabar buruk. Kita dapat membuat rencana asalkan terap ingat bahwa kita memiliki batasan-batasan. Yang diperlukan hanya keberanian.
  33. Orang sering mengatakan bahwa “bijaksanalah orang yang dapat melihat ke masa depan”. Barangkali orang bijak adalah orang yang tahu bahwa ia tidak dapat melihat jauh ke masa mendatang.
  34. Anda menemukan sesuatu yang tidak anda cari terapi itu mengubah dunia, sementara sesudah temuan itu terjadi anda penasaran soal mengapa “perlu begitu lama” untuk sampai ke sesuatu yang begitu jelas.
  35. Jika saya mengharapkan sesuatu pada tanggal tertentu di masa mendatang, saya sudah mengharapkan hal itu pada saat ini.
  36. Kita tidak tahu apa yang akan kita ketahui.
  37. Kita melihat kekurangan-kekurangan pada orang lain, tetapi tidak pada diri sendiri. Sekali lagi kita tampaknya dahsyat sekali sebagai mesin-mesin yang bisa membohongi diri sendiri.
  38. Begitu sedikit ruangan dalam kesadaran kita; yang berlaku adalah pemenang mengambil segalanya. (Konteks Albert Einstein dan frofesor Henri).
  39. Untuk sederhananya, orang yang mengaku berilmu merupakan produk kekuasaan, bukan akibat kebebasan dan ketiadaan struktur.
  40. Utopia adalah kesadaran masyarakat Yang diatur berdasarkan kesadaran tentang kebodohan, bukan kesadaran tentang pengetahuan.
  41. Kita merasa lebih beruntung berbondong-bondong ke tempat yang keliru daripada hanya sendirian ke tempat yang benar.
  42. Keacakan, pada akhirnya, adalah sesuatu yang tidak dapat diketahui. Dunia ini seba kabur dan apapun yang tampak dapat membodohi kita.
  43. Pelajaran untuk perkara-perkara kecil adalah jadilah manusia!
  44. Cari tahu cara memeringkat kepercayaan bukan berdasarkan tingkat kemungkinannya, melainkan berdasarkan bahaya yang dapat ditimbulkannya.
  45. Penemu besar Pastuer, yang muncul dengan pandangan bahwa peluang berpihak pada mereka yang siap, paham bahwa anda tidak mencari sesuatu yang tertentu setiap pagi, tetapi bekerja keras supaya kemungkinan positi tersebut datang di kehidupan anda.
  46. Ada sebagian orang yang, jika mereka belum tahu, tidak dapat anda beritahu.
  47. Untuk setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi, siapa yang tidak mempunyai, apapun yang ada padanya akan diambil.
  48. Sang pemenang terap menjadi pemenang. Kini, seorang pecundang mungkin selalu akan menjadi pecundang, terapi seorang pemenang dapat digulingkan oleh seseorang yang baru muncul entah dari mana. Tidak ada seorangpun yang aman.
  49. Orang-orang yang anda jumpai saat anda naik akan anda jumpai lagi saat anda turun.
  50. Hierarki lah yang menjadi masalah! Superstar akan selalu ada.
  51. Komunisme dapat menyembunyikan atau menekan perbedaan pendapatan, tetapi sistem ini tidak mampu menghilangkan sistem superstar dalam kehidupan intelektual.
  52. Keunggulan terletak pada yang sedang-sedang saja.
  53. Maka, anda akan kebal dengan uang namanya caci maki, khususnya jika anda mengajari diri sendiri membayangkan bahwa orang yang mengeluarkan sumpah serapah itu hanya sejenis kera cerewet dengan kemampuan pengendalian diri yang minimal.
  54. Akar pemikiran taleb; berakar pada keyakinan bahwa anda tidak bisa belajar dahulu dari buku baru memecahkan masalah, serapi sebaliknya, menjumpai masalah dahulu beri berpaling ke buku.
  55. Ketinggalan kereta hanya menyakitkan ketika anda berusaha mengejarnya!
  56. Dalam bahasa Black Swan; ini berarti anda terbuka terhadap hal-hal yang mustahil hanya jika anda membiarkannya mengendalikan anda.
  57. Anda selalu memegang kendali atas yang anda perbuat; maka jadikan lah ini tujuan anda.
  58. Kesulitan dalam menerima keganjilan keganjilan sejati dalam peristiwa yang mendatangi hidup anda sendiri. Kita dengan cepat lupa bahwa tetap hidup adalah sebuah kemujuran yang luar biasa, sebuah peristiwa langka, sebuah kejadian di antara sejumlah kemungkinan lain yang Tan terhingga.
  59. Pesan penutup taleb- maka berhentilah mempermasalahkan perkara-perkara kecil. Jangan seperti orang yang tidak tahu berterima kasih yang mengharapkan hadiah besar terapi cerewet soal jamur di kamar mandi.
  60. Berhenti percaya kepada semua hal yang dikatakan semua orang – ingat bahwa anda seekor Black Swan.
  61. Hal-hal pokok yang dikomunikasikan oleh guru-guru zaman dahulu kepada anasa, menggunakan istilah agama, adalah dogma(aturan-aturan yang diperlukan untuk eksekusi tanpa harus memahami aturan-aturan itu) bukan kerigma (aturan-aturan yang dapat anda pahami dan bertujuan jelas bagi anda).
  62. Semesta tahu lebih banyak daripada manusia tentang bagaimana mengambil keuntungan dari banyak Black Swan yang positif.
  63. Hari ini anda tidak tahu apa yang mungkin dibutuhkan pada esok hari. Ini bertentangan tajam sekali dengan gagasan teologis yang kita dapatkan dari karya Aristoteles, yang telah membentuk pola pikir Arab dan Barat zaman pertengahan.
  64. Orang mungkin begitu takut terhadap hal-hal buruk yang mungkin terjadi pada mereka sehingga sehingga cenderung membayar asuransi secara berlebihan, yang pada gilirannya mungkin membuat kita salah paham bahwa mereka percaya peristiwa malang memiliki kemungkinan yang tinggi.
  65. Tentu saja, serangan 11 September adalah Black Swan bagi korban-korban yang meninggal karenanya, sebab andai tidak demikian, mereka tidak akan memaparkan diri terhadap risiko itu.
  66. Namun, peristiwa yang sama jelas bukan bukan Black Swan bagi para teroris yang merencanakan dan melaksanakan rencana itu.
  67. The Black Swan adalah upaya paling pertama (setahu saya;taleb) dalam sejarah pikiran yang menyediakan sebuah peta tentang di mana kita dihantam oleh sesuatu yang tidak kita ketahui., yang menetapkan batasan-batasan sistematis terhadap kerapuhan pengetahuan – dan menyediakan lokasi persis tempat peta-peta ini tidak berfungsi lagi.
  68. Black Swan kebanyakan berpeluang lebih kecil, tetapi mempunyai dampak lebih besar.
  69. Ingat “teori prospek” Danny Kahneman dan teman-temannya:seandainya saya memberi anda sebuah rumah bagus dan sebuah lamborghini, menambahkan satu juta dolar di rekening bank, dan memberi anda jalan ke pergaulan yang luas, lalu, beberapa bulan kemudian, saya mengambil lagi semuanya, anda akan jauh lebih buruk daripada jika sebelumnya tidak ada yang terjadi.
  70. Mustahil mendalami suatu gagasan secara serius ketika anda sedang sibuk dengan urusan bisnis, tidak peduli berapa jam waktu yang anda sisihkan untuk berpikir – untuk mudahnya, kecuali anda orang yang tidak peka, tidak pernah cemas, dan tidak memiliki rasa tanggung jawab, ruang kognitif anda yang berharga dalam otak anda akan terpakai.

Alhamdulilah, akhirnya saya sudah menyelesaikan bacaan dari buku ini selama hampir 45 hari. Dan akhirnya saya merasa diri menjadi seorang yang melebar sekarang, melebar dalam artian seolah saya telah terbuka terhadap apa itu yang namanya ketidaktahuan akan sesuatu.

The Black Swan kesimpulan yang saya anggap sebagai sebuah pengetahuan yang luar biasa atas apa yang disebut dengan yang namanya keacakan, keberuntungan, dan sebuah prediksi akan masa depan. Terlalu banyak hal-hal di dunia ini yang tidak bisa diprediksi semudah itu, tetapi mas Taleb mengajarkan bahwa seharusnya kita memanfaatkan ketidakpastian/keacakan itu.

Terima kasih Pak Taleb, telah membuat karya buku sebaik ini yang telah membuka atau setidaknya memecahkan otak saya yang sebelumnya hanya berada di dalam tempurung saya, dan sekarang saya telah memecahkan tempurung itu.

Alasan lain mengapa mungkin saya mengambil buku ini adalah ya karena buku ini berkategori sosial sains, yang bagi saya sungguh menarik sekali. Sebab, sosial sains pasti membuat saya meng-upgrade sosial skil saya berdasarkan saintifik. Dan itulah alasan buku ini saya ambil juga. Dan ya, ternyataluar biasa sekali isinya.

Dan advice terpenting yang saya ambil dari mas taleb adalah manfaatkan keacakan/ketidakpastian sebagai rencana untuk masa depan dan tujuan.


Thanks, 2023.

Penulis: DedMarianism

"Ada pepatah yang mengatakan, ketidaktahuan adalah anugerah dari Tuhan", namun bagiku pengetahuan adalah miracle..

Prev Post
Pengalaman Tak Terlupakan: Menjadi Saksi Keindahan Rinjani
Baca See

Comments

No comments available.

Leave a comment