L o a d i n g

Aaah momen terlucu ketika aku membeli buku ini bukanlah karena sengaja. Tapi, memang aku sudah berencana untuk membeli buku ini dikemudian hari setelah aku selesai membaca buku yang belum aku selesaikan. Terlepas dari itu aku sedang berada di Solo dan aku tidak membawa buku untuk menemani perjalanan ku di kereta KRL Jogja-Solo.

Buku ini sangat luar biasa terdengar karena chat GPT OpenAI’s merekomendasikan saya untuk membaca nya. Jadi, buku ini memang sudah dari sejak lama menjadi incaran saya. Nah, waktu di Solo aku mampir ke mall dan memori jangka panjang ku langsung teringat Gramedia untuk membeli Sapiens. Sebagai teman nanti untuk dibaca ketika aku balik ke Jogja. Dan ya aku membeli nya dan itu pengalaman membeli buku terjauh ku hehehe.

Bicara soal buku nya Yuval ini aku tertarik bagaimana dia berceramah soal sains. Yang namanya ceramah pasti menarik dan memikat kan sudah jelas apalagi topik ceramahnya adalah saintifik yang narasinya tidak dibangun berdasarkan cerita fiksi semata.

Apalagi buku ini ramai dibicarakan di dunia modern ini sejauh yang aku tahu.

Baik kalau begitu, aku akan terus mengutip hal-hal yang menarik di buku ini, mulai dari kata-kata bijak, kata-kata mindblow, frasa, istilah, gagasan pokok, dan poin-poin penting yang ingin disampaikan Yuval dalam bukanya kepada pembaca termaksud khususnya saya pribadi karena ini catatan pribadi saya. Tentunya, ini tidak menjadi landasan dan hanya berdasarkan sepenangkapnya saya pada buku ini.

Oke, lestgo.

  1. Mulai
  2. Hanya manusia yang saling bunuh karena cerita, dan argumen saya adalah jika kita ingin benar-benar ingin mengerti sejarah manusia maka kita harus menganggap serius cerita cerita fiksi kita. Tidak cukup hanya melihat faktor ekonomi dan demografi.
  3. Memang benar; negara dan bangsa, dewa-dewi, perusahaan, uang, ideologi – semuanya adalah ilusi kolektif yang kita semua ciptakan dan percayai, serta mendominasi sejarah manusia.
  4. Kebanyak ilmuwan bersepakat bahwa 150.000 tahun lalu, Afrika timu sudah dihuni oleh Sapiens yang tampangnya tepat seperti kita.
  5. Ternyata 1–4 persen DNA khas manusia di populasi-populasi modern Timur Tengah dan Eropa merupakan DNA Neandertal.
  6. (Bab: pohon pengetahuan – awal) – bahasa kita berevolusi sebagai cara bergosip. Menurut teori ini, homo Sapiens utamanya adalah merupakan makhluk sosial.
  7. Gosip biasanya berfokus pada kesalahan. Penyebar isu adalah pilar keempat yang asli, para jurnalis yang memberitahu masyarakat mengenai penipu dan penebang sehingga masyarakat terlindung dari mereka.
  8. Sejauh yang kita tahu, hanya Sapiens yang bisa membicarakan tentang segala macam yang tidak pernah mereka lihat, sentuh, atau cium baunya.
  9. Coba bayangkan betapa sulitnya menciptakan negara, atau gereja, atau sistem hukum seandainya kita hanya bisa membicarakan hal-hal yang benar-benar ada, semisal sungai, pohon, dan singa.
  10. Kemampuan menciptakan realitas yang dikhayalkan dengan kata-kata memungkinkan banyak orang yang tidak saling mengenal bekerja secara efektif.
  11. Meskipun ada citra populer “manusia pemburu”, aktivitas utama Sapiens sebenarnya adalah mengumpul, dan dari kegiatan itu mereka memperoleh sebagian besar kalori, juga bahan mentah seperti batu api, kayu, dan bambu.
  12. Animisme dari kata “anima”, “jiwa” atau “arwah” dalam bahasa Latin adalah kepercayaan bahwa nyaris setiap tempat, setiap hewan, setiap tumbuhan, dan setiap fenomena alam memiliki kesadaran dan perasaan, dan sapat berkomunikasi secara langsung dengan manusia.
  13. Dengan demikian, penganut animisme mungkin percaya bahwa batu besar di puncak bukit memiliki hasrat dan kebutuhan.
  14. Kawanankawanan Sapiens pengelana dan penutur cerita adalah kekuatan Palin goenting sekaligus paling merusak yang pernah dihasilkan kingdom hewan.
  15. Kelebihan makanan hasil kecurangan itu mendorong politik, perang, seni, dan filsafat.
  16. Sejarah adalah sesuatu yang hanya dilakukan oleh sangat sedikit orang sementara setiap orang lain membajak tanah dan memikul ember air.
  17. Terlepas dari ketiadaan naluri biologis semacam itu, selama era pemburu pengumpul, ratusan orang mampu bekerja sama berkat mitos bersama.
  18. Hummurabi adalah raja dari rakyat babilon.
  19. Undang-undang Hummurabi menegaskan bahwa tatanan sosial Babilon berakar di asasasas keadilan yang universal dan abadi, dititahkan oleh dewa dewi. Awkwkwkkwwok
  20. Undang-undang Hammurabi didasari premis bahwa bila semua rakyat sang raja menerima posisi mereka dalam hierarki dan bertindak dengan sepantasnya, jutaan penduduk imperium itu akan dapat bekerja sama secara efektif.
  21. Deklarasi kemerdekaan sama etika menyatakan bahwa: “kami meyakini kebenaran kebenaran ini sebagai nyata tak terbantahkan, bahwa semua manusia diciptakan setara, bahwa mereka dikaruniai oleh Pencipta mereka hak-hak tertentu yang tidak bisa dicabut yang antara lain mencakup kehidupan, kemerdekaan, dan pencarian kebahagiaan.”
  22. Tatanan khayalan bukanlah konspirasi jahat atau ilusi tak bermanfaat.
  23. Namun, tatanan khayalan adalah satu-satunya cara manusia dalam jumlah sangat besar dapat bekerja sama secara efektif.
  24. Bila manusia menyadari bahwa hak asasi manusia hanya ada dalam imajinasi, tidakkah ada resiko masyarakat kita akan runtuh?
  25. Mengenai Tuhan, Voiltaire berpendapat “tidak ada Tuhan, tapi jangan beritahukan itu kepada pelayan saya, kalau tidak dia akan membunuh saya pada malam hari.”
  26. Romantisisme mendorong keanekaan, terjalin sempurna dengan konsumerisme.
  27. Industri pariwisata bukan menjual tiket pesawat dan kamar hotel, melainkan menjual pengalaman.
  28. Fenomena objektif hadir terlepas dari kesadaran manusia dan kepercayaan manusia.
  29. Hal yang subjektif adalah sesuatu yang keberadaannya bergantung kepada kesadaran dan kepercayaan seseorang.
  30. Hal yang inter-subjektif adalah sesuatu yang ada dalam jejaring komunikasi yang menautkan kesadaran subjektif banyak individu.
  31. Tidak ada cara keluar dari tatanan khayalan,. Ketika kita merubuhkan dinding-dinding penjara kita dan berlari menuju kebebasan, kita sebenarnya berlari ke halaman luas penjara yang lebih besar.
  32. Hierarki punya fungsi penting. Hierarki memungkinkan orang-orang yang sepenuhnya tidak saling mengenal tahu bagaimana. Memperlakukan orang lain tanpa membuang-buang waktu dan energi yang dibutuhkan untuk menjadi akrab secara pribadi.
  33. Isyarat sosial; cara berpakaian, umur, dan bahkan boleh jadi warna kulit dan rambut. Begitulah cara si penjual mobil langsung bisa mengenali mana pengacara kaya yang mungkin membeli mobil mewah, dan mana karyawan kantoran biasa yang hanya mampir untuk melihat-lihat dan bermimpi.
  34. Laki-laki memiliki keuntungan lebih, setidaknya sejak revolusi pertanian.
  35. Budaya lah yang mewajibkan orang-orang untuk mewujudkan sebagian kemungkinan seraya melarang yang lain.
  36. Seks pertama kali berevolusi untuk pro kreasi (menghasilkan keturunan) sementara ritual percumbuan awalnya adalah cara mengukur kebugaran calon pasangan kawin.
  37. Dalam kejahatan terorganisasi, gentingnya bukan selalu laki-laki yang paling kuat. Dia sering kali merupakan laki-laki tua yang jarang sekali menggunakan bogemnya sendiri; dia memerintah laki-laki yang lebih muda dan bugar daripada diri dia sendiri untuk melakukan pekerjaan kotor baginya.
  38. Tidak seperti hukum-hukum fisika yang bebas dari ketidakkonsistenan., setiap tatanan buatan manusia disarati kontradiksi internal.
  39. Karena bisa mengubah, menyimpan, dan memindahkan kekayaan secara mudah dan murah, uang memberikan kontribusi viral bagi kemunculan jejaring perniagaan kompleks dan pasar yang dinamis. Tanpa uang, jejaring perniagaan dan pada tak bakal beranjak dari ukuran, kompleksitas, dan dinamika yang sangat terbatas.
  40. Kita tidak memperdayai orang asing, ataupun tetangga sebelah – kita mempercayai koin yang mereka pegang. Bila mereka kehabisan koin, kepercayaan kira pun raib.
  41. Selama 2.500 tahun sejak aku Kurusy Agung, imperium demi imperium menjanjikan membangun tatanan politik universal demi kemaslahatan semua manusia. Semuanya berdusta dan semuanya gagal.
  42. Agama-agama semacam itu cenderung berwawasan sangat lokal, dan menekankan ciricirnunik lokasi, iklan, dan fenomena yang spesifik.
  43. Efek religius pertama revolusi pertanian adalah mengubah tumbuhan dan hewan dari anggota meja bundar perundingan spiritual yang setara menjadi harta milik.
  44. Yang tidak terbantahkan adalah bahwa penganut monoteisme kesulitan menghadapi pertanyaan mengenai kejahatan.
  45. Tetap saja manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk memperdayai kontradiksi. Jadi tidaklah mengherankan bahwa jutaan umat samawi yang saleh pada waktu bersamaan bisa memperdayai keberadaan Tuhan yang maha kuasa dan iblis yang mandiri.
  46. Para ahli agama memiliki nama bagi pengakuan kebersamaan gagasan-gagasan berbeda dan bahkan kontradiktif serta kombinasi ritual dan praktik yang diambil dari sumber yang berbeda beda. Istilahnya adalah sinkretisme.
  47. Bahkan mungkin sinkretisme adalah agama dunia yang paling besar.
  48. Sidartha Gautama pada akhirnya menyadari bahwa penderitaan bukan disebabkan oleh nasib buruk, ketidakadilan sosial, ataupun kehendak ilahi. Penderitaan justru disebabkan oleh pola perilaku akalbudi manusia sendiri.
  49. Orang-orang bertahun-tahun mengimpikan menemukan cinta namun jarang puas ketika mereka menemukannya. Sebagian orang menjadi cemas bahwa pasangannya akan meninggalkannya; yang lain merasa bahwa pasangan pilihan mereka payah, dan mereka bisa menemukan pasangan lain yang lebih baik. Dan kita semua mengenal orang yang merasakan kedua-duanya.
  50. Gautama menyadari untuk keluar dari lingkaran setan itu (penderitaan dan rasa tidak puas). Apabila ketika mengalami sesuatu yang menyenangkan akalbudi memahami hal-hal itu sebagaimana adanya, maka tidak akan ada penderitaan.
  51. Asa pertama agama monoteistik adalah “ Tuhan ada. Apa yang dia inginkan dariku”. Asas pertama agama Buddha adalah “kesengsaraan ada. Bagaimana meloloskan diri darinya”.
  52. Itulah misalnya, mengapa kaum liberal menolak penyiksaan dan hukuman mati.
  53. Menurut kaum sosialis, ketidaksetaraan adalah penistaan paling buruk terhadap kesakralan kemanusiaan, karena ketidaksetaraan meninggikan sifat-sifat sampingan manusia melebihi esensi universal.
  54. Para ilmuwan yang mempelajari bagian salam organisme manusia tidak menemukan jiwa di situ.
  55. Mereka semakin kuat mendukung argumen bahwa perilaku manusia ditentukan oleh hormon, gen, dan sinapsis, bukan oleh kehendak bebas – kekuatankekuatan yang sama dengan yang menentukan perilaku simpanse, serigala, dan semut. Sebagian besar sistem pengadilan dan politik kita berupaya menyembunyikan semua temuan yang menggelisahkan itu.
  56. Namun jujursaja, berapa lama kita bisa mempertahankan tembok yang memisahkan departemen biologi dari departemen hukum dan ilmu politik?
  57. Kita mempelajari sejarah bukan untuk mengetahui masa depan melainkan untuk memperluas cakrawala kita, untuk mengerti bahwa situasi kita masa kini tidaklah alami atau tak terhindarkan, sehingga kita memiliki lebih banyak kemungkinan di hadapan kita yang bisa kira bayangkan.
  58. Misalnya, mempelajari bagaimana orang-orang Eropa bisa mendominasi orang-orang Afrika memungkinkan kita menyadari bahwa tidak ada sesuatu pun yang alami ataupun tidak terhindarkan mengenai hirarki rasial, dan dunia ditata secara berbeda.
  59. Revolusi sains; pada 20 Juli 1969 manusia mendarat di bulan.
  60. Pada 1674 mara manusia melihat mikroorganisme untuk pertama kali, ketika mata Antoni van Leeuwenhoek mengintip melalui mikroskop buatannya sendiri dan terperanjat melihat dunia makluk mungil yang berseliweran dalam setetes air.
  61. Penguasa pramodern biasa memberikan uang kepada rohaniwan, filsuf, dan penyair, dengan harapan mereka melegitimasi kekuasaannya dan mempertahankan tatanan sosial.
  62. Revolusi sains adalah revolusi ketidaktahuan. Penemuan besar yang meluncurkan revolusi sains adalah penemuan bahwa manusia tidak mengetahui jawaban bagi pertanyaan-pertanyaan mereka yang terpenting.
  63. Orang-orang biasa yang fana memperoleh pengetahuan dengan menyelami naskah-naskah dan tradisi-tradisi kuno dan memahami secara benar. Tak terpikir oleh mereka bahwa ada rahasia penting alam semesta yang tidak tercantum dalam Alkitab, Quran, dan Weda – rahasia yang mungkin bisa ditemukan oleh makhluk berdaging dan bertulang.
  64. Keagungan teori Newton adalah kemampuannya menjelaskan dan memprediksi gerakan semua benda di alam semesta, dari apel yang jatuh sampai bintah jatuh, menggunakan hukum matematika uang sangat sederhana.
  65. Ternyata aztek dan Inka ditaklukkan oleh Spanyol dengan cara diplomasi dan dihancurkan dari dalam karena orang Eropa itu berani dan tau kekuatan sains.
  66. Negara-negara adidaya pun bisa ditaklukkan bila pergulatan lokal menjadi perjuangannya global, contoh;Vietnam dan Aljazair.
  67. Orang Eropa modern menjadi percaya bahwa memperoleh pengetahuan baru selalu baik.
  68. Sumber daya ekonomi paling penting adalah kepercayaan akan masa depan, dan sumber daya ini terus-menerus terancam oleh penjahat dan penipu. Pasar sendiri tidak menawarkan perlindungand dari penipuan, pencurian, dan kekerasan.
  69. Sistek politik bertugas memastikan kepercayaan dengan menetapkan hukuman terhadap penipuan dan mendirikan serta menghadirkan polisi, pengadilan, dan penjara yang akan menegakkan keadilan. Ketika raja gagal melaksanakan tugas dan mengatur dengan sepantasnya, hilanglah kepercayaan, kreditpun menusut, dan ekonomi mengalami depresi.
  70. Einstein menentukan bahwa massa apapun dapat diubah menjadi energi – itulah arti E=mc2 – Dan bombom atom menghancurkan hirusima Dan Nagasaki sementara pembangkit listrik tenaga nuklir menjamur di seluruh Dunia.
  71. Mengingat bahwa manusia terbukti memiliki kecenderungan untuk menyalahgunakan kekuasaan, rasanya naif bila memperdayai bahwa bila semakin besar kuasa seseorang, maka semakin bahagia pula mereka.
  72. Difinisi kebahagiaan yang umum diterima adalah “kebahagiaan subjektif” (subjektive well-being).
  73. Kebahagiaan, menurut pasangan itu, adalah sesuatu yang saya rasakan di dalam diri, perasaan kenikmatan langsung ataupu kepuasan jangka panjang tentang bagaimana hidup berlangsung.
  74. Bila kebahagiaan adalah sesuatu yang saya rasakan di dalam, bagaimana bisa diukur dari luar? Barangkali kita meminta orang-orang untuk memberitahu kita apa yang yang mereka rasakan.
  75. Satu kesimpulan menarik adalah uang memang membawa kebahagiaan. Namun, hanya sampai titik tertentu, dan selepas titik itu uang tidak punya banyak makna.
  76. Namun temuan-temuan yang paling penting dari semuanya adalah kebahagiaan tidak benar-benar bergantung kepada kondisi-kondisi objektif berupa kekayaan, kesehatan, atau bahkan masyarakat. Kebahagiaan justru bergantung kepada korelasi antara kondisi-kondisi objektif dan harapan-harapan subjektif.
  77. Sepanjang sejarah orang-orang miskin dan tertindas menghibur diri dengan pikiran bahwa setidak-tidaknya kematian adil – bahwa orang kaya dan berkuasa mati juga akan mati.
  78. Orang miskin tidak akan merasa nyaman kalau tahu bahwa neraka harus mati, sementara orang kaya akan tetap muda dan cantik selamanya (konteks: jika obat penyembuh bagi semua penyakit dan terapi anti penuaan)
  79. Parah ahli biologi menyatakan bahwa dunia mentan dan emosional kita diatur oleh mekanisme biokimiawi yang dibentuk oleh jutaan tahun evolusi.
  80. Kesejahteraan subjektif justru ditentukan oleh sistem kompleks saraf, neuron, sinapsis, dan berbagai zat biokimiawi seperti serotonin, dopamin, dan oksitosin.
  81. Tidak asa yang menangkap argumen biologis itu dengan lebih baik daripada slogan new age: “Kebahagiaan Dimulai Di Dalam”.
  82. Uang status sosial, bedah plastik, rumah indah, posisi berkuasa – tak satupun yang akan membawa kebahagiaan bagi anda. Kebahagiaan yang bertahan lama hanya berasal dari sorotonin, dopamin, dan oksitosin.
  83. Seperti yang dinyatakan Nietzsche, bila anda punya “mengapa” untuk hidup, anda dapat menahan nyari semua “bagaimana” yang seperti apapun.
  84. Pertanyaan: apakah anda puas dengan kehidupan anda secara keseluruhan?
  85. Sejauh yang bisa kita ketahui, dari sudut pandang yang sepenuhnya saintifik, kehidupan manusia sama sekali tidak ada maknanya.
  86. Poinku pribadi. “Kenali dirimu” cocok untuk judul buku dan berubah menjadi “aku tak mengenal diriku”
  87. 13,8 miliar tahun yang lalu zat dan energi muncul. Awal fisika. Pembentukan atom. Dan molekul. AWAL KIMIA.
  88. 50000–45000 tahun lalu Sapiens menetap di Australia. Megefauna di Australia punah.
  89. 12000 tahun yang lalu revolusi pertanian. Domestikasi tumbuhan dan hewan. Pemukiman permanen.
  90. 5000 tahun yang laku-laku kerajaan, tulisan, dan uang pertama. Agama politeistik.
  91. 2000 tahun yang lalu imperium Han di Tiongkok. Imperium Romawi di laut Tengah. Agama Kristen.
  92. 1400 tahun yang lalu Islam.
  93. 500 tahun yang lalu revolusi saintifik. Manusia mengakui ketidaktahuannya. Orang Eropa memulai menguasai Amerika dan samudra. Kebangkitan kapitalisme.
  94. Masa kini manusia menerobos.m batas planet bumi. Senjata nuklir mengancam kelangsungan hidup manusia.
  95. Masa depan rancangan cerdas menjadi prinsip dasar kehidupan?bentuk kehidupan non organik pertama? Manusia meningkat menjadi Tuhan?

Akhirnya selesai juga membaca buku ini selama lebih dari sebulan dari awal pembelian. Sangat luar biasa memuaskan, akhirnya saya bisa menjadi seorang yang seolah lepas dari ikatan yang mengikat diri saya selama ini. Seolah rantai yang telah membelenggu tubuh saya sekarang telah lepas dan runtuh dengan sangat bangganya akan tulisan yang disuguhkan oleh mas Yuval Noah Harari ini.

Speechless, berapa beruntungnya saya menemukan referensi buku ini yang membuat saya akhirnya mengerti akan makna hidup saya itu seperti apa.

Memang saya harus berhati-hati dengan argumen dari mas Yuval tetapi hampir 99% narasinya bisa saya terima tanpa adanya sebuah keraguan. Yuval juga menjelaskan ada lubang sejarah yang besar soal kebahagiaan tapi bukan itu yang saya ingin garis bawahi dari bukunya ini, melainkan soal cakrawala baru yang luar biasa memukau saya.

Seperti apa itu kapitalisme, agama poloteistik, makna hidup, dan apa artinya menjadi manusia berdasarkan keinginan seleksi alam.

Soal singularitas pun sangat luar biasa tercerahkan memberikan saya sebuah perspektif baru.

Terima kasih mas Yuval telah membuat buku luar biasa ini, terlepas mungkin nanti ada ditemukan perubahan dari fakta saintifik itu adalah hal yang biasa, namun secara keseluruhan bagi saya pribadi membaca buku Sapiens adalah kebahagiaan subjektif saya karena saya puas dengan peningkatan sorotonin dan dopamin akan kebiasaan baik membaca ini.

Thanks, Deddy. Juni 12, 2023.

Selesai jam 21:48 WIB.

Penulis: DedMarianism

"Ada pepatah yang mengatakan, ketidaktahuan adalah anugerah dari Tuhan", namun bagiku pengetahuan adalah miracle..

Comments

No comments available.

Leave a comment